-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Jenis Penyakit pada Sistem Pencernaan bag 1

Banyak sekali jenis-jenis penyakit pada sistem pencernaan yang menyerang manusia. baik yang bersifat ringan hingga yang sangat berat. Penyebabnya sangat banyak. Ada yang disebabkan oleh pola makan yang tidak teratur maupun karena jenis makanan yang di konsumsi.

Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit pada sistem pencernaan:
1. Diare
Diare merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada saluran pencernaan. Tanda-tandanya adalah feces bersifat cair, berlendir dan berdarah. Perut terasa sakit dan melilit. Buang air tiada henti. Diare merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Hal ini biasanya akibat dari memakan makanan yang terkontaminasi oleh toksin mikroba seperti bakteri dan protozoa, sehingga menimbulkan iritasi pada dinding usus yang menyebabkan meningkatnya gerakan peristaltik yang berakibat meningkatnya laju makanan pada usus. Hal ini menyebakan tidak terjadinya proses penyerapan air oleh usus sehingga feces berbentuk cair.
2. Apendiksitis atau Radang Usus buntu
Apendiksitis merupakan bentuk peradangan pada umbai cacing (usus buntu). Hal ini biasanya diakibatkan oleh terperangkapnya sebagian isi usus kedalam apendiks yang menyebabkan peradangan dan infeksi yang menimbulkan rasa nyeri. Jika terdapat indikasi terkena Apendiksitis biasanya dokter menyarankan  agar dilakukan Apendektomi atau operasi usus buntu.

Next: Jenis penyakit sistem pencernaan bag 2