-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Khasiat Jamur Lingzhi

jamur lingzhi Jamur Lingzhi adalah sejenis jamur yang tumbuh di batang kayu lapuk. Meski bisa di konsumsi jamur Lingzhi tidak sedap untuk disantap karena mempunyai rasa langu yang khas. Namun karena khasiatnya yang sangat tinggi dan beragam, jamur lingzhi terkenal sebagai jamur obat.

Lingzhi atau yang bahasa latinnya Ganoderma lucidum adalah bahan obat yang paling terkenal di Cina. Menurut buku Pengobatan Herbal Cina yang ditulis tahun 56 SM, jamur lingzhi terdaftar sebagai bahan obat nomor satu dari 365 bahan obat lainnya –termasuk ginseng. Lingzhi masuk dalam kategori “superior” karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mampu menjaga dan mengembalikan keseimbangan tubuh, dan aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa efek samping.

Kandungan utama jamur lingzhi adalah protein, polisakarida (ganodelan A, ganodelan B, dan beberapa jenis glukans), triterpenoid (asam ganodermik, ganodermadiol, dan 110 macam lainnya) yang strukturnya mirip hormon steroid, juga germanium, ergosterol, coumarin, mannitol, alkaloid, asam lemak tak jenuh, adenosin, dan berbagai vitamin (B, C, D) serta mineral (natrium, kalsium, seng, besi, fosfor).

Jamur Lingzhi mengandung germanium organic dan polisakarida, kedua zat ini yang berperan besar dalam pengobatan berbagai penyakit, dalam tubuh manusia, germanium organik berfungsi untuk meningkatkan penyerapan oksigen dalam darah serta melancarkan peredaran darah.

Karena khasiat jamur lingzhi yang sangat banyak, maka jamur ini sangat perlu untuk di budidayakan sebagai tanaman herba.