-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Jenis-jenis Bisul | Macam-macam Penyakit Bisul

Macam-macam jenis penyakit Bisul. Bisul banyak sekali jenisnya. Bisu dapat di kategorikan berdasarkan penyebarannya dan jenisnya. Berikut ini macam-macam jenis bisul yang di kenal di dunia medis.

Macam-macam Jenis penyakit bisul

Macam-macam jenis bisul berdasarkan penyebarannya terbagi menjadi 2, yaitu:

  • Furunkel atau bisul tunggal, adalah sejenis bisul yang tumbuh sendiri dn bentuknya seperti gunung berapi dengan kepundan yang berisi nanah.
  • Karbunkel adalah sekumpulan bisul yang tumbuh bersamaan dan saling tumpah tindih. Luas penampang karbunkel lebih lebar karena terdiri dari beberapa bisul. Bisul seperti ini lebih susan di sembuhkan dan dapat menular ke bagian tubuh yang lain ataupun pada orang lain.

Macam-macam jenis bisul berdasarkan penyebabnya terbagi menjadi 3, yaitu:

  • Furunkel atau karbunkel adalah penyakit bisul yang disebabkan oleh bakteri Stafilokokus, bakteri lain ataupun sejenis jamur. Bisul seperti ini dapat menular.
  • Cystic acne adalah jenis bisul yang terbentuk ketika saluran minyak menjadi buntu dan terinfeksi. Cystic acne dapat mempengaruhi jaringan kulit yang lebih dalam daripada infeksi jerawat biasa yang lebih dangkal. Cystic acne paling umum terdapat di wajah dan biasanya terjadi pada masa remaja.
  • Hidradenitis suppurativa adalah suatu kondisi di mana terdapat beberapa abses yang terbentuk di bawah ketiak dan sering juga di daerah kunci paha. Bisul jenis ini disebakan oleh peradangan kelenjar keringat. Untuk menyembuhkannya biasanya harus dilakukan proses bedah untuk membuang kelenjar keringat yang terinfeksi.
  • Pilonidal cyst adalah sejenis bisul yang tumbuh di bagian tubuh bagian bawah yaitu sekitar pantat dan tulang ekor. Bentuknya tidak benar-benar seperti bisul tetapi biasnaya berbentuk sebuah lubang kecil yang selalu berair. Untuk menyembuhkannya biasanya harus air dari bagian yang terinfeksi harus di buang terlebih dahulu.