-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Kenapa Daun Pepaya pahit?

Kenapa Daun Pepaya pahit? Anda pasti bertanya-tanya kenapa daun pepaya berasa pahit sedangkan buahnya berasa manis? Rasa pahit pada daun pepaya di sebabkan oleh suatu zat alkaloid dan enzim papain yang terkandung pada hampir sebagian besar bagian pohon pepaya. Senyawa alkaloid penyebab rasa pahit pada daun pepaya adalah senyawa karpain.

Seperti kita ketahui bahwa daun pepaya memiliki manfaat dan khasiat yang berlimpah terutama dalam bidang kesehatan. Salah satu kandungan daun pepaya yang berperan besar dalam memberikan manfaat dan khasiat yang begitu banyak adalah senyawa karpain ini. Jadi jika anda ingin mengkonsumsi daun pepaya karena khasiatnya tetapi melakukan segala cara untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya, maka sebenarnya anda telah membuang komponen paling berkhasiat yang terkandung dalam daun pepaya itu sendiri. Rasa pahit pada daun pepaya disebabkan oleh kandungan senyawa alkaloid karpainnya .

Zat ini sangat ampuh digunakan sebagai penurun deman, mereduksi tekanan darah dan membunuh mikroba seperti amuba. Daun pepaya juga kabarnya ampuh untuk mengobati penyakit semacam disentri, sipilis, beri-beri, asma, bisul dan penghilang noda.Sementara itu, kandungan enzim papain pada daun pepaya khususnya yang masih muda bisa melembutkan daging dab ampuh digunakan sebagai pemulih jaringan kulit yang luka karena jerawat ataupun luka bakar

Para ahli kesehatan memberi testomi bahwa zat menyebabkan daun pepaya pahit, yaitu senyawa alkaloid karpainnya (C14H25NO2) mempunyai khasiat yang sangat ampuh untuk menurunkan deman, mengurangi tekanan darah dan membunuh mikroba seperti amuba.