-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Penting nya Upaya Hidup Sehat

Penting nya Upaya Hidup Sehat. Hidup sehat memerlukan pengetahuan dan pengorbanan. Mengatur pola makan dan gaya hidup adalah salah satu uapaya hidup sehat. Menghindari makanan yang tidak sehat dan hanya memilih makanan berkualitas adalah upaya hdup sehat. Olahraga secara rutin adalah upaya hidup sehat. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga merupakan upaya hidup sehat. Jadi upaya hidup sehat dapat di artikan sebagai segala kegiatan yang di lakukan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan baik yang di lakukan secara perorangan, masyarakat atau pemerintah.

Upaya Hidup Sehat

Upaya kesehatan di lakukan dalam rangka mewujudkan dan meningkatka derajat kesehatan pribadi, kelompok, atau masyarakat. Keberhasilan dalam menyehatkan masyarakat tidak di dapat dengan sendirinya, tetapi harus di upayakan.  Upaya mewujudkan kesehatan tersebut dapat di peroleh melalui 2 cara, yaitu:
1. Pemeliharaan kesehatan
Pemeliharaan kesehatan meliputi pencegahan dan penanggulangan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Upaya pencegahan yang bisa di lakukan diantaranya adalah:
  • menjaga kebersihan diri dan lingkungan
  • menjaga pola makan, pola tidur dan pola hidup
  • olah raga secara teratur, dll.
Penanggulangan dapat di lakukan dengan berobat ke dokter, minum obat yang sesuai dengan jenis penyakit dan menjauhkan diri dari sumber-sumber penyakit yang dapat menular serta mempelajari secara lengkap tentang seluk beluk suatu penyakit, seperti apa penyebabknya, bagaimana cara penularannya dan apa saja obatnya.
2. Peningkatan kesehatan.Kesehatan perlu ditingkatkan karena kesehatan seseorang itu relatif dan mempunyai bentangan yang luas. Oleh sebab itu, upaya kesehatan promotif mengandung makna kesehatan seseorang, kelompok atau pribadi harus selalu diupayakan sampai ke tingkat kesehatan yang optimal. Peningkatan kesehatan inidapat di lakukan dengan berbagai jalan, seperti misalnya melalui pendidikan kesehatan sejak usia dini di sekolah-sekolah. Menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingya kesehatan dan kebersihan lingkungan.