-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

PQQGDH

PQQGDH merupakan kepanjangan dari PiroloQuinoline Quinone Glucose Dehidroginase adalah sejenis enzim yang  berguna untuk mendiagnosis kadar gula dalam darah pada penderita diabetes. Caranya adalah dengan memasukan enzim PQQGDH kedalam alat ukur elektrolit dan menjadikannya sebagai biosensor glukosa.

Sejak beberapa tahun lalu alat pengukur kadar gula darah telah banyak diiklankan di media massa. Alat tersebut membantu penderita diabetes mellitus (DM) mengontrol kadar gula dalam darahnya. Namun tidak banyak yang tahu bahwa sebuah molekul biologis yang disebut enzim, menjadi unsur utama alat ini. Enzim tersebutlah yang berfungsi mengubah gula darah menjadi sinyal elektronik.

Sebelum di temukannya enzim PQQGDH, biosensor glukosa pada awal mulanya mengunakan enzim yang bernama glucose oxidase (GOD) yang bereaksi secara spesifik dengan glukosa serta diproduksi secara alamiah oleh jamur Aspergillus niger. Biosensor ini bekerja mengukur kadar gula darah berdasakan reaksi biokimia dengan enzim GOD dan kemudian mengukurnya secara elektrokimia.

Diabetes Mellitus sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh membuat atau menyuplai hormon bernama insulin. Hormon insulin bertanggung jawab mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Dengan demikian, penderita DM harus mengukur kadar gula darahnya sendiri untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi. Karena itu ketergantungan para penderita DM terhadap biosensor glukosa sangat tinggi.

Penemuan enzim PQQGDH sendiri merupakan sebuah kemajuan dimana biosensor yang menggunakan enzim PQQGDH berkerja dengan cara mengkatalis reaksi reduksi sehingga pada prosesnya tidak tergantung pada kadar oksigen dalam darah. Kelemahannya adalah pembuatan enzim ini sangat rumit. Dari awal proses hiingga akhir pembuatan PQQGDH selalu bergantung pada campur tangan manusia. Tidak seperti  GOD yang di produksi secara alamiah oleh jamur Aspergillus niger.