-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

6 Tanda-Tanda Umum Penyakit Jantung

heart Tanda-Tanda Penyakit Jantung.  Sebagai salah satu penyakit yang disebut sebagai Silent Killer, penyakit jantung mempunyai tanda-tanda tersendiri yang terkadang bisa di artikan atau diasumsikan sebagai gejala penyakit lain.  Misalnya, jika anda merasakan sakit di dada, maka biasanya di duga nya adalah kelainan pada liver, ketika nafas terasa sesak di anggap sebagai penyakit asma. Padahal kedua gejala di atas dapat di indikasikan sebagai tanda-tanda penyakit jantung jika saja anda tahu. Sebab itu pemeriksaan Jantung EKG sangat diperlukan untuk mendeteksi kesehatan jantung kita.

Penyakit jantung (Myocardial infarction, acute myocardial infarction, MI, AMI) adalah proses terhentinya aliran darah, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati. Karena jantung adalah organ tubuh yang paling vital maka penyakit jantung ini pun adalah penyakit yang tergolong paling berbahaya bagi manusia. Karena bisa menyebabkan kematian dan kelumpuhan.

Tanda-tanda penyakit jantung sebenarnya berbeda dan tidak sama pada setiap individu. Namun gejalanya awalnya pasti sama. Oleh sebab itu setiap orang sebaiknya tahu gejala apa saja yang dapat di indikasikan sebagai penyakit jantung,

Berikut ini adalah tanda-tanda penyakit jantung menurut  American Heart Association, National Heart Lung and Blood Institute dan Mayo Clinic, yaitu
1. Rasa tidak nyaman pada dada
Rasa sakit atau nyeri di dada adalah gejala umum penyakit jantung. Meski tidak semua orang mengalaminya. Rasa sakitnya memang tidak terlalu berat tapi terjadi rutin. Rasa sakit itu relatif sedang dan sering hilang muncul.
2. Rasa tidak enak pada bagian atas tubuh
Rasa sakit dan tidak nyaman di daerah punggung, leher, lengan, pinggul, bahu, siku, rahang, tenggorokan hingga daun telinga juga berhubungan dengan penyakit jantung. Tapi tentu saja rasa tidak nyaman di daerah itu belum tentu juga penyakit jantung.  Untuk itu, pastikan Anda tahu riwayat penyakit keluarga apakah ada yang punya penyakit jantung atau tidak. Jika ya, kemungkinan gejala-gejala di daerah itu juga merupakan tanda penyakit jantung
3. Masalah pencernaan
Dr Malissa Wood dari Harvard Medical School mengatakan ada hubungan yang sangat erat antara masalah pencernaan dengan jantung. Ketika Anda sering merasa sakit perut dan mual-mual tanpa sebab, bisa jadi itu pertanda ada masalah di jantung.
Dan hal itu memang benar-benar terbukti saat Dr Wood mengalami gejala itu. Setelah dicek, ternyata 92 persen pembuluh koronernya sudah terhambat dan harus segera dilakukan operasi. Jadi ketika Anda sering mengalami masalah pencernaan, ditambah punya tekanan darah tinggi, segera periksa ke dokter.
4. Gejala flu
Ketika seorang pasien yang rutin melakukan pemeriksaan jantung EKG tapi merasa tidak punya gejala penyakit jantung ditanya ‘Apakah Anda punya tanda-tanda penyakit jantung?’, ia menjawab tidak. Tapi ia mengaku sering mengalami flu berat.  Dr Robert Superko, pengarang buku ‘Before the Heart Attacks’ menyebutkan bahwa gejala lelah, capek atau tidak enak badan sering dikaitkan dengan gejala flu, padahal menurut Dr Robert itu adalah salah satu gejala penyakit jantung yang seringkali tidak terdiagnosa.
5. Napas pendek
Napas pendek adalah tanda yang paling harus dicurigai sebagai penyakit jantung, bahkan jika Anda tidak punya gejala sakit dada atau gejala penyakit jantung lainnya.
6. Pusing & pingsan.
Seseorang yang sering mengalami pusing kepala dan pingsan setidaknya telah menunjukan indikasi gejala penyakit jantung. Pusing dan pingsan ini biasanya di sebabkan oleh penurunan aliran darah karena denyut atau irama jantung yang abnormal atau karena kemampuan memompa yang buruk.

Melihat gejala diatas jika anda mengalaminya segeralah memeriksakan diri ke dokter karena gejala diatas bisa jadi merupakan tanda-tanda penyakit jantung yang pastinya suatu saat akan mempengaruhi kualitas hidup anda. (Src: health detik.com & Bianglala)