-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Manfaat dan Khasiat Sirsak

Tanaman Sirsak

atau nangka belanda atau durian belanda yang dalam bahasa ilmiahnya Annona muricata L. adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris (Madura), srikaya jawa (Bali), deureuyan belanda (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), jambu landa (di Lampung.

Sedang di Ingris sirsak dikenal dengan nama Soursop, Corossol atau Anone (Perancis), Zuurzak (Belanda) guanĂ¡bana (Spanish), graviola (Portuguese), Brazilian Paw Paw, Corossolier, Guanavana, Toge-Banreisi,dan masih banyak lagi. Sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam" yang sesuai dengan faktanya bahwa buah sirsak telah didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda ke Nusantara, pada abad ke-19.

Menurut penelitian terbaru, tanaman sirsak merupakan tanaman serbaguna yang mempunyai manfaat dan khasiat pengobatan yang sangat tinggi. Tanaman sirsak mengandung zat-zat yang mampu menangkal asam urat, hipertensi, osteoporosis, dan bisa membuat awet muda. Manfaat lainnya, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan wasir, dan memperlancar pencernaan makanan. Sebuah Studi di Purdue University membuktikan bahwa daun sirsak mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: prostat, pankreas, dan paru-paru.

Manfaat dan Khasiat Sirsak

1. Daun Sirsak mempunyai zat-zat yang mampu menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.
2. Mempunyai kemampuan melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.
3. Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.
4. Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.
5. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel
kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.
6. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.

Buah sirsak terdiri dari 67,5 persen daging buah, 20 persen kulit buah, 8,5 persen biji buah, dan 4 persen inti buah. Kandungan zat gizi dan serat pangan buah sirsak per 100 gram bagian yang dapat dimakan.  Setelah air, kandungan zat gizi yang terbanyak dalam sirsak adalah karbohidrat, vitamin serta garam-garam mineral.

Kandungan Gizi tanaman Sirsak

1. Vitamin
Vitamin yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg) telah dapat dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada sirsak merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan (tetap awet muda).

2. Karbohidrat
Salah satu jenis karbohidrat pada buah sirsak adalah gula pereduksi (glukosa dan fruktosa) dengar kadar 81,9-93,6 persen dari kandungan gula total.

3. Lemak
Buah sirsak mengandung sangat sedikit lemak (0,3 g/100 g) sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam pada sirsak berasal dari asam organik nonvolatil, terutama asam malat, asam sitrat, dan asam isositrat.

4. Garam mineral
Mineral yang cukup dominan adalah fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg per 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat serta menghambat osteoporosis. Keunggulan sirsak terletak pada kadar sodium (natrium) yang rendah (14 mg per 100 g), tetapi tinggi potasium (kalium), yaitu 278 mg per 100 g. Perbandingan kalium dan natrium yang tinggi sangat menguntungkan dalam rangka pencegahan penyakit hipertensi.

5. Kaya serat
Selain komponen gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen nongizi. Salah satu di antaranya adalah mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yaitu mencapai 3,3 g per 100 g daging buah. Konsumsi 100 g daging buah dapat memenuhi 13 persen kebutuhan serat pangan sehari. Buah sirsak merupakan buah yang kaya akan senyawa fitokimia sehingga dapat dipastikan bahwa buah tersebut sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan.

Begitu banyak manfaat dan khasiat dari tanaman sirsak serta kandungan gizi daun dan buah sirsak yang kaya akan zat-zat yang berguna bagi tubuh menjadikan tanaman sirsak memiliki prospek yang sangat cerah sebagai tanaman masa depan. Sari buah (jus) sirsak merupakan salah satu cara mengkonsumsi sirsak selain dimakan langsung buahnya yang sudah matang. Jus sirsak ini terbukti dapat meningkatkan selera makan, mengobati pinggang pegal dan nyeri, menyembuhkan penyakit wasir (ambeien), batu empedu, dan lain-lain.