-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

P3K jika tertelan benda asing berbahaya

Pernahkah anda tertelan benda asing

yang tidak anda harapkan untuk menelannya? Mungkin ada yang pernah ada juga yang tidak pernah. Namun jika hal seperti itu terjadi jangan cemas. Hadapi dengan tenang. Karena rasa cemas biasanya bukan menyelesaikan persoalan tetapi seringnya malah menambah rumit keadaan.

Jika anda tertelan benda asing

langkah pertama yang arus anda lakukan adalah:
1. Mengecek benda apa yang sudah tertelan?
2. Sejak kapan sudah tertelan?
3. Seberapa banyak yang telah tertelan?
4. Dampaknya pada emosi dan fisik korban

Langkah-langkah P3K jika tertelan benda asing

1. Memastikan Ke Dalam Mulut benda apa yang tertelan
Karena cara memberikan pertolongan pertama didalam hal ini berbeda-beda menurut benda asing yang tertelan, periksalah selalu sampai ke dalam mulut. Jepitlah kedua belah pipi anak dengan jari dan bukalah mulutnya. Periksalah dengan tenang “Apakah benda asing itu, dan ada di mana?”.

2. Jika benda asing yang tertelan itu masih tersisa didalam mulut, keluarkanlah perlahan-lahan dengan memasukan jari anda. Karena ada kemungkinan benda yang tersisa terdorong sampai ke mulut bagian dalam, maka sangatlah berbahaya apabila anda berusaha dengan paksa mengorek-ngorek benda asing yang ada di mulut bagian dalam.

3. Usahakan untuk dimuntahkan, bukalah mulut korban lebar-lebar, tekanlah lidah yang terdapat dibagian paling dalam, dan setelah itu berusahalah membantu korban untuk memuntahkan benda tersebut. Jika hal itu menimbulkan gejala shock dan kejang-kejang, maka segeralah bawa korban ke rumah sakit tanpa menyuruhnya memuntahkan benda yang tertelan itu.

4. Jika benda asing menyumbat Tenggorokan, bukalah mulut korban dengan menggunakan jari tengah anda dan telungkupkanlah, di antara tulang belikat dan tulang belikat dengan menggunakan telapak tangan tepuk-tepuklah dengan keras sebanyak 5 kali, usahakanlah agar tepukan mendorong ke arah atas. Hingga benda yang tertelan dapat keluar.

5. Jika keadaan semakin parah dan kondisi seperti dibawah ini terjadim, segeralah Bawa ke Rumah Sakit
  • Ketika berwajah pucat, susah bernafas
  • Ketika ada kemungkinan akan melukai kerongkongan
  • Ketika benda asing tidak dapat dikeluarkan dan kondisi korban semakin tidak meyakinkan.