-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Pengertian rasa UMAMI

Pengertian rasa umami. Rasa umami adalah sinonim dari rasa gurih yang biasa kita rasakan saat mencicipi suatu makanan. Istilah Umami berasa dari bahasa Jepang Umai yang berarti lezat dan Mi yang berarti gurih. Jadi secara keseluruhan rasa Umami memiliki pengertian rasa gurih yang lezat dan enak.

Rasa umami dapat diperoleh melalui dua cara, yaitu secara alami dan buatan.  Rasa umami dapat diperoleh secara alami dari berbagai jenis bahan makanan seperti kaldu, kecap, santan kelapa, keju, tauco, dll. Sedangkan rasa umami buatan dapat diperoleh secara instan dari penambahan monosodium glutamat kedalam makanan. Meski beberapa pakar kesehatan menentang pemberian MSG kedalam makanan, namun kenyataannya pemberian monosodium glutamat dapat memperkuat citarasa suatu makanan sehingga memiliki rasa umami yang khas.

Istilah umami pertama kali di temukan dan diidentifikasi oleh profesor Kikunae Ikeda, seorang ilmuwan dari Tokyo Imperial University, Jepang. Prof. Kikunae ikeda menemukan fakta bahwa glutamat adalah penyebab lezatnya kaldu gangang laut Kombu. Penelitian selanjutnya semakin menguatkan penemuan Kikunae Ikeda akan keampuhan glutamat sebagai sumber rasa Umami apalagi jika di gabung dengan bahan makanan yang mengandung ribonukleotida maka rasa umami yang dihasikan lebih berkualitas.

Dewasa ini rasa Umami didefiniskan sebagai rasa gurih yang lezat dan enak diidentikan dengan penyebab rasa Ajinomoto. Ini merupakan cara propaganda atau promosi dari Ajinomoto dengan satu pesan singkat bahwa jika anda mendapatkan rasa masakan yang umami anda harus menambahkan bumbu penyedap rasa Ajinomoto. Ajinomoto sendiri merupakan bahan tambagah makanan yang kandungan utamanya adalah glutamat, yang merupakan sumber rasa umami itu sendiri.