Cara mengobati Luka Bakar dengan Daun Sirih

Cara mengobati Luka Bakar dengan Daun Sirih. Siapa sih yang tidak kenal daun sirih? Daun yang biasa di gunakan untuk nyirih oleh para orang tua tersebut ternyata memiliki manfaat dan khasiat untuk mengobati luka bakar. Luka bakar dapat terjadi jika kulit kita bersentuhan dengan benda yang panas ataupun api. Contoh benda yang dapat menyebabkan luka bakar diantaranya adalah setrika panas, minyak panas, air panas, alat-alat dapur yang panas, kayu yang terbakar, dll. Luka yang di sebabkan oleh benda-benda ini biasanya akan membuat kulit terbakar, menjadi gosong. Jika di biarkan terlalu lama akan melepuh dan berair. Jika sudah melepuh dan berair biasanya rasa sakitnya sangat hebat jika tersentuh. Apalagi sampai terkelupas, maka sakitnya akan berlipat ganda. Karena itu jika terkena luka bakar usahakan agar luka tidak melepuh ataupun berair. Apalagi sampai mengelupas kulitnya.

Cara mengobati Luka Bakar dengan Daun Sirih

Mengobati luka bakar dengan daun sirih adalah sangat mudah. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan biasanya ada tersimpan di dapur kita. Cara membuat ramuan daun sirih untuk mengobati luka bakar ada 2 cara, yaitu:

1. Ramuan daun sirih dan madu

Caranya ambil beberapa lembar daun siri, tumbuk hingga halus, lalu peras airnya. Campur air perasan daun sirih tadi dengan madu kemudian oleskan pada bagian kulit yang mengalami luka bakar.

2. Mengobati luka bakar kompres daun sirih

Caranya  ambil daun sirih hijau, lalu panaskan diatas api atau uappanas hingga layu, dinginkan sebentar. Lalu kompreskan pada bagian luka bakar. Biarkan beberapa saat hingga muncul rasa sejuk.

Dengan cara yang tersebut diatas, luka bakar yang anda alami tidak akan mengalami infeksi dan akan cepat kering. Tidak percaya? Silahkan coba dulu di rumah.


Bagikan :
Loading...
loading...