-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Leukemia, kanker darah

Leukimia adalah penyakit kanker darah yang sangat tenar. Pasalnya penyakit ini sering kali muncul di dalam film-film serta drama-drama terkenal. Fungsinya kalau bukan menjadi oenyebab kematian pasti untuk mengundang simpati pemirsa.

Leukemia adalah sejenis kanker yang terjadi pada tulang sumsum tulang belakang sehingga memproduksi sel darah putih secara berlebih. seperti kita ketahui bahwa sumsum tulang belakang berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah. Baik darah merah (Eritrosit), yang berfungsi sebagai alat transportasi oksigen dan zat makanan keseluruh tubuh, juga darah putih (Leukosit) yang berfungsi melindungi tubuh dari infeksi maupun Trombosit yang berfungsi sebagai pembeku darah. Semua komponen darah tersebut di hasilkan di sumsum tulang belakang.

Pada orang normal, semua fungsi ini berjalan sebagaimana mestinya, namun pada penderita leukemia, sumsum tulang memproduksi sel darah putih dalam jumlah besar sampai tidak bisa dihentikan.  Sel sel ini kemudian dikenal dengan nama sel leukemia. Masalahnya pertumbuhan luar biasa sel leukemia ini mampu mendesak sel sel darah yang normal. Sehingga munculah berbagai masalah kesehatan seperti anemia, perdarahan dan infeksi. Sel leukemia juga menyebar ke kelenjar limfe dan organ lainnya menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit.
Secara umum Leukemia di bedakan menjadi 2
  • Leukemia akut, perburukan terjadi sangat cepat dan pasien dapat merasakan keluhan saat itu juga.
  • Leukemia khronis perburukan terjadi sangat lambat dan pasien tidak merasakan keluhan apapun dalam beberapa tahun.
Leukemia juga di bedakan menjadi 2 tipe
  • Leukemia limfositik atau limfoblastik melibatkan sel darah putih limfosit
  • leukemia myelogenus melibatkan sel darah putih myelosit.
Dari gabungan ke 2 jenis danke  2 tipe Leukemia diatas maka di dapatlah 4 tipe utama leukemia, yaitu:
  • Acute lymphoblastic leukemia atau ALL, leukemia yang banyak terjadi pada anak anak namun orang dewasa pun bisa menderitanya.
  • Acute myelogenous leukemia atau AML, leukemia yang dapat menyerang anak anak dan dewasa.
  • Chronic lymphocytic leukemia atau CLL, leukemia yang banyak terjadi pada orang dewasa, umumnya umur diatas 50 tahun. Anak anak jarang menderitanya.
  • Chronic myelogenous leukemia atau CML, leukemia yang umum terjadi pada orang dewasa.