-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Keseimbangan Kalori dan Keseimbangan Gizi untuk selalu fit2life | Food Nutrition

Kalori dan keseimbangan gizi sangat penting agar tetap fit 2 life. Bukan hanya agar hidup tapi juga menjadikan hidup menjadi berkualitas. Kualitas hidup diawali dari makanan yang kita makan, kalori yang dibakar dan gizi yang diserap tubuh.
Kalori adalah satuan ukuran untuk panas atau tenaga ( energy) yang diperoleh dari metabolisme makanan serta oksidasi zat-zat gizi seperti karbohidrat, protein dan lemak.
Tubuh memerlukan sejumlah kalori tertentu sesuai kebutuhan untuk melakukan kegiatan sehari-hari dan untuk menjaga agar sistem dalam tubuh tetap berjalan seperti misalnya: kegiatan bernafas untuk sistem pernafasan, mencerna makanan untuk sistem pencernaan etc.
Kalori yang diperoleh tubuh tergantung pada jenis makanan yang di makan:
  • 1 gram karbohidrat menghasilkan 4 kalori
  • 1 gram lemak menghasilkan 9 kalori
Kebutuhan akan kalori disesuaikan dan tergantung pada :
  • Umur
  • Jenis kelamin
  • Kegiatan yan dilakukan
Untuk menghindari kegemukan diperlukan:
  1. Makan yang seimbang, yaitu dimana  jumlah kalori yang dimakan atau yang masuk dalam tubuh sesuai dengan jumlah kalori yang dikeluarkan untuk kegiatan tubuh, serta dalam keadaan gizi yang seimbang.
  2. Gizi seimbang adalah keadaan dimana tubuh memperoleh makanan yang cukup mengandung semua zat-zat gizi yang diperlukan tubuh dalam proses metabolismenya dalam jumlah dan jenis yang tepat dan sesuai kapasitasnya.
Keseimbangan Kalori dan keseimbangan Gizi akan menjamin suatu kehidupan yang membawa umur panjang, kesempatan untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, mempunyai kemampuan bekerja serta tidak mudah terkena penyakit dan merana.
Src: sarinah magazine 7 Des 1987