-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Varises – Phlebitis | Pembengkakan Pembulu Balik

Varises dan Phlebitis (Flebitis)

adalah kondisi yang hanpir sama (meski tidak serupa) yang terjadi pada pembuluh balik ( Vena).

Varises atau pembengkakan pembulu balik

adalah suatu kelainan yang terjadi pada pembuluh balik sehingga muncul urat-urat halus yang biasanya melingkar atau berkelok-kelok dan bahkan bisa bercabang-cabang seperti sarang laba-laba. Varises merupakan pelebaran pembuluh darah yang biasanya diakibatkan oleh besarnya tekanan ke daerah tertentu, misalnya varises di kaki pada orang yang sering berdiri, ibu hamil, ataupun orang yang kegemukan. Kelainan ini terjadi di pembuluh darah balik (vena) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung.

Varises menyebabkan sirkulasi darah menjadi tak lancar

karena terhambat di sekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh. Selain di bagian kaki, belakangan diketahui bahwa ternyata varises pun bisa terjadi di bagian lengan.

Phlebitis adalah peradangan pembuluh vena

biasanya terjadi di kaki. Ketika phlebitis dikaitkan dengan pembentukan bekuan darah (trombosis), biasanya di pembuluh darah dalam kaki, kondisi ini disebut thrombophlebitis. Gumpalan ini dapat melakukan perjalanan ke paru-paru, menyebabkan embolisme paru yang dapat berakibat fatal.
Bila darah kembali ke jantung, darah itu melalui saluran istimewa yang berdinding tipis yang disebut pembuluh balik (Vena).  Berbeda dengan pembuluh nadi yang berdinding kuat dan liat, pembuluh-pembuluh balik ini mudah sekali mekar dan membesar. Kondisi pemekaran atau pembesaran pembuluh darah balik inilah yang disebut varises.
Varises biasanya terjadi di tungkai kaki dan betis. Varises yang terlalu dan tidak segera mendapat perawatan dapat menyebabkan Phlebitis atau peradangan pembuluh darah balik.