-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Indikasi warna Urine | Penyebab Warna Air Kencing

Indikasi warna Urine. Warna Urine dapat menjadi indikasi kesehatan ginjal. Seperti sebuah lampu merah yang berfungsi sebagai peringatan agar para pengedara berhati-hati. Begitu pula warna urine, air kencing ini dapat menjadi pengirim peringatan awal terhadap kondisi tubuh anda. Jadi sebelum anda memeriksakan diri ke dokter karena suatu penyakit, ada baiknya anda kenali kesehatan tubuh anda dari warna air kencing atau urine. Namun tidak semua perubahan warna air kencing berarti kesehatan anda terganggu. Karena warna urine sedikit banyak juga di pengaruhi oleh makanan atau minuman yang kita konsumsi. Berikut ini adalah indikasi kesehatan anda berdasarkan warna urin.



Penyebab Warna Air Kencing.


Warna Urine Menurut penelitian para ahli medis, warna urin yang baik adalah yang bening hingga kuning cerah. Warna urin seperti ini menunjukan tingkat kesehatan ginjal yang sangat baik, atau karena si pemilik ginjal rajin minum air putih. Sedangkan warna-warna urin seperti di bawah ini dapat menjadi indikator penyakit yang sedang di derita, seperti:


1. Air kencing berwarna Putih dapat menjadi indikator dari penyakit phosphaturia.
2. Air Kencing berwarna putih keruh dapat menjadi indikator dari pyuria (darah putih dalam air kencing).
3. Urin berwarna kelabu dapat menjadi indikator awal dari penyakit batu ginjal.
4. Urin berwarna kuning cerah dan bening adalah warna urin yang normal. Warna urin yang sehat hanya sedikit di bedakan berdasarkan tingkat dehidrasinya. Warna urin bening indikator dari zona aman. Warna kuning pucat hingga kuning cerah  menandakan anda sedang mengalami dehidrasi ringan. Sedangkan warna kuning tua hingga kuning kecoklatan merupakan indikator bahwa anda sedang mengalami dehidrasi berat, perbaiki dengan banyak minum air putih.5. Urine berwarna kuning keruh menunjukan banyaknya endapat zat kapur pada air kencing anda. ini dapat berakibat pada pembentukan batu ginjal.
6. Urine berwarna coklat dapat menjadi indikator dari penyakit kanker pankreas, penyakit ginjal dan pembentukan myeloma.
7. Urin berwarna coklat kemerahan dapat menjadi indikator dari penyakit hati atau hepatitis.
8. Urin berwarna merah dapat menjadi indikator dari penyakit hematuria yaitu adalanya sel darah merah dalam urine.
9. Urin berwarna hijau, biru, oranye, kuning gelap, hitam dan lain-lain tidak mutlak menjadi indikator sebuah penyakit, tapi dapat juga di sebabkan karena konsumsi obat-obatan atau suplemen makanan yang mengandung zat warna sesuai dengan warna air kencing.


Untuk itu, begitu anda melihat ada perubahan warna pada air kencing anda, sebaiknya segeralah periksakan diri anda ke dokter untuk mengetahui kepastiannya. Karena menduga-duga adalah tindakan ceroboh yang tidak dapat di pertanggung jawabkan.