-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Arti Bipolar Disorder

Arti Bipolar Disorder. Bipolar disorder artinya adalah gangguan emosi. Bipolar disorder merupakan sejenis penyakit  psikologi yang disebabkan oleh tekanan mental dan stress berkepanjangan.  Di sebut Bipolar disorder karena penyakit ini di tandai dengan ketidak mampuan pasien mengontrol perasaan (mood) sehingga emosinya berubah-ubah secara ekstrim. Pada suatu saat terlihat begitu gembira yang meluap-luap namun beberapa saat kemudian terlihat sedih dan marah-marah. Arti bipolar adalah dua kutub yang berlawanan. Yang dimaksud di sini adalah emosi / perasaan yang berlawanan yaitu kebahagiaan dan kesedihan.

Penderita bipolar disorder ketika dalam posisi mood yang baik bisa merasa sangat antusias dan bersemangat (mania). Namun, ketika mood-nya berubah buruk, ia bisa sangat depresi, pesimis, putus asa, bahkan sampai mempunyai keinginan untuk bunuh diri (depresi). Mood yang berubah-ubah di kenal dengan istilah mood swings.

Gangguan psikologis Bipolar Disorder dapat menyerang siapa saj. Dari anak-anak hingga orang dewasa. namun pada umumnya penyakit ini terdeteksi saat usia muda yaitu pada umur 20-30 an. Ketika beban pikiran sedang tinggi-tingginya karena seperti kita ketahui usia 20-30 adalah masa produktif yang sangat tinggi. Bipolar disorder dapat menyerang dalam beberapa episode. episode anak-anak, remaja, dewasa muda dan dewasa tua. Seorang anak yang terdeteksi dengan bipolar disorder jika tidak segera di tangani semakin dewasa resiko penyakit akan semakit berat, berkepanjangan dan sering kambuh bahkan bisa menjurus pada kemungkinan gangguan mental.

Penyakit bipolar Disorder tidak mudah untuk disembuhkan. Karena secara medis tidak ada obat yang bisa mengobati penyakit bipolar disorder, kecuali di berikan obat atau suntikan penenang. Itupun sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kecanduan dan resistensi. Tapi bukan berarti peluang untuk sembuh tidak ada. Seseorang yang sadar kalau dirinya menderita gangguan Bipolar Disorder dapat melakukan self help ( membantu diri sendiri) dengan cara membuat pilihan cerdas untuk menjauhi stress, memonitor suasana hati, menata gaya hidup dan menjaga serta mengamati kebiasaan sehari-hari agar tahu apa yang menjadi pemicunya dan bisa berusaha menghindarinya.