-->

Hai !!! Selamat membaca..! Semoga Bermanfaat...

Macam-macam Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin

Macam-macam Penyakit Akibat Kekurangan Vitamin. Vitamin adalah mikronutrisi yang banyak di temukan dalam sayur dan buah-buahan. Vitamin tidak dapat di buah oleh tubuh manusia sehingga harus di peroleh dari luar melalui bahan pangan yang di konsumsi. Jika makanan yang kita konsumsi tidak mengandung vitamin yang di butuhkan oleh tubuh, maka tubuh  akan mengalami kekurangan vitamin yang akibatnya akan mengganggu proses metabolisme tubuh dan menyebabkan penyakit. Penyakit yang di sebabkan oleh kekurangan vitamin banyak sekali terkandung dari jenis vitamin yang menyebabkannya. Berikut ini adalah jenis-jenis penyakit yang di sebabkan oleh kekutangan vitamin.



Jenis-jenis Penyakit akibat kekurangan vitamin


1. Penyakit kekurangan vitamin A : penyakit mata, rabun senja, katarak, infeksi saluran pernapasan, menurunnya daya tahan tubuh, kulit yang tidak sehat, dan lain-lain.


2. Penyakit kekurangan Vitamin B kompleks (B1, B2, B3, B5, B6, B12):  beri-beri, kamuslife.comdaya tahan tubuh berkurang, kulit kering bersisik, mulut kering, bibir pecah-pecah, sariawan, terganggunya sistem pencernaan, otot mudah keram dan kejang, insomnia, bedan lemas, mudah muntah dan mual-mual,  kurang darah atau anemia, mudah lelah, letih dan lesu (3L), dan sebagainya


3. Penyakit kekurangan Vitamin C : mudah infeksi pada luka, gusi berdarah, rasa nyeri pada persendian, dan lain-lain


4. Penyakit kekurangan Vitamin D : gigi akan lebih mudah rusak, otok bisa mengalami kejang-kejang, pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentuk huruf O atau X.


5. Penyakit kekurangan Vitamin E : bisa mandul baik pria maupun wanita, gangguan syaraf dan otot, dll


6. Penyakit kekurangan Vitamin K : menghalangi proses pembekuan darah, pendarahan di dalam tubuh, dan sebagainya